Friday, 30 October 2015

Alasan Kenapa Komputer Harus Dimatikan Dengan Benar Shutdown

Alasan Kenapa Komputer Harus Dimatikan Dengan Benar Shutdown


alasan kenapa harus shutdown komputer
 
Jika anda sangat sering mematikan komputer dengan cara langsung mencabut kabelnya dari saklar atau langsung menekan tombol powernya, tidak mengikuti langkah-langkah mematikan komputer dengan benar maka anda telah memperpendek umur komputer anda alias mempercepat rusaknya komputer anda. Ini dia penjelasannya

Kenapa komputer sebaiknya dimatikan harus menggunakan proses shutdown :


1. Kalau komputer kita matikan dengan cara shutdown, harddisk akan melakukan pekerjaannya untuk menyimpan kembali data-data yang diperintah oleh prosesor dan juga menyalin data-data software serta komponen-komponen kedalam registrasi komputer, lalu head harddisk akan kembali kepada posisi yang awal yaitu kepada posisi yang tidak membaca harddisk, jika anda matikan komputer dengan cara mencabut langsung kabelnya atau menekan langsung tombol powernya tanpa proses shutdown maka selain membuat aplikasi-aplikasi dan data-data komponen tidak tersimpan di registry akan membuat posisi head harddisk yang berada di tengah-tengah silinder harddisk ketika komputer dihidupkan kembali hal ini bisa membuat rusak silinder harddisk sampai membuat bad sector hardisk, lama kelamaan bila hal itu terjadi secara terus menerus bisa membuat harddisk menjadi rusak.

2. Kalau komputer kita matikan dengan cara shutdown, kipas prosesor komputer kerjanya menjadi 2x lebih cepat hal ini dilakukan agar mendinginkan prosesor, jika anda mematikan komputernya secara langsung tanpa proses shutdown, maka pendinginan terhadap prosesor tidak bekerja secara normal hal ini dapat membuat prosesor menjadi rusak.

3. Kalau komputer kita matikan dengan cara shutdown, komputer membuat registrasi ulang komponen-komponen komputer yang digunakan dan juga data serta aplikasi yang digunakan yang di delete. Kalau kita mematikan komputer dengan cara yang salah yaitu tanpa proses shutdown, maka software atau komponen serta data yang dipakai tidak bisa disimpan didalam registrasi, apabila ini terjadi maka masalah yang akan terjadi nantinya pada komputer yaitu komputer tidak bisa menjalankan system recofery yang berdasarkan waktu atau tanggal.

4. Kalau komputer kita matikan dengan cara shutdown, sistem yang ada di memory akan dihapus, jadinya jika komputer anda pakai kembali maka memory akan kembali dalam keadaan tidak banyak beban, dan jika anda mematikan komputer tanpa proses shotdown jadinya memory akan rusak.

5. Kalau komputer kita matikan dengan cara shutdown,  prosesor akan memberikan sebuah perintah kepada bios agar menghentikan segala pekerjaan-pekerjaan semua komponen, hal ini membuat daya atau arus yang dipakai diputus dengan cara yang benar, tapi jika anda mematikan komputer dengan cara langsung tanpa proses shutdown, jangan sedih kalau hardware komputer secara mendadak tiba-tiba mati, karena keseringan komputer arus listriknya diputus secara tiba-tiba.

Nah begitulah penyebabnya kenapa disaat proses shutdown itu komputer matinya lama, karena ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Kalau kita mematikan komputer lakukanlah dengan cara shutdown, jangan langsung dimatikan begitu saja. Sekian penjelasan tentang kenapa komputer harus di shutdown dari tiniposkomputer. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment