Thursday, 22 October 2015

Cara Agar Prosesor Tidak Cepat Rusak

Tips dan Cara Agar Prosesor Tidak Cepat Rusak


cara merawat prosesor 



Sebab-Sebab Prosesor Rusak dan Cara Mencegahnya Agar Tidak Cepat Rusak
Rusaknya prosesor adalah sebab terjadinya kerusakan hardware (perangkat keras) komputer, Hal itu tentu saja harus kita hindari sebagai pengguna komputer. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai para pengguna komputer biar tidak terjadi kerusakan pada prosesor, misalnya saja adalah dengan kita memasang kipas pendingan tambahan pada bagian dalam casing.

Prosesor adalah komponen yang mempunyai peranan sangat penting buat sebuah komputer. Prosesor juga boleh dibilang sebagai otaknya komputer. Oleh karena itu disaat prosesor itu rusak, jadinya semua komponen pada komputer tidak bisa berkerja. Bukan cuma itu, uang buat ganti prosesor juga mahal daripada harus ganti komponen hardware yang lainnya. Prosesor itu bagian komputer yang sangat rumit dan yang paling kecil. Bisa kita bayangkan, sebuah barang yang ukurannya sekitar 3 cm sanggup untuk menampilkan ratusan sampai jutaan transistor. Oleh karena itu, janga heran apabila suhu dari prosesor cepat panas pada saat digunkanan.

Penyebab rusaknya prosesor ada beberapa sebab. Berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab yang membuat prosesor jadi mati atau rusak.

Prosesor sama Ram Tidak Seimbang
Banyak komputer yang ada dipasaran yang dijual dengan utuh (komputer jadi) atau tidak dirakit sendiri mempunyai rancangan antara Prosesor dengan memory RAM yang sangat seimbang. Misalkan kalau prosesornya 3 GB, maka ukurannya memory RAM sebesar 512 MB - 1 GB. Memperbesar ukuran memory RAM memang bisa menambah kecepatan dari sebuah komputer. Tapi, Anda harus hati-hati. Jika tidak seimbang antara prosesor dan RAM bisa membuat rusak prosesor, dan mungkin perangkat keras lainnya.

Skema Pendinginan Yang Tidak Sempurna
Skema pendinginan yang tidak sempurna mungkin itu di kipas pendingin prosesor atau di dalam casing bisa membuat prosesor jadi rusak. Sebetulnya, apabila masalah suhu yang tidak bisa dikendalikan, Anda tidak harus khawatir. Karena, sistem BIOS secara acak sudah diprogram buat mematikan komputer kalau temperatur Prosesor di atas tingkat normal, kecuali kalau program itu anda matikan.

Kalau kita lihat sebab-sebab rusaknya prosesor di atas, ada hal-hal yang bisa kita perbuat untuk langkah pencegahannya yaitu:

Pasang Kipas Tambahan
Biarpun prosesor sudah kita lengkapi sama pendingin, ada baiknya Anda harus tambah dengan kipas tambahan. Kipas itu akan berguna untuk membuat temperatur udara yang ada di dalam casing tetap dingin jadinya tidak membuat panas yang berlebih yang bisa membuat komputer menjadi rusak.

Jaga Temperatur Prosesor
Saat komputer digunakan jaga suhu prosesor agar tetap seimbang dan jangan sampai menjadi panas yang berlebihan. Maka, ada baiknya jangan menghidupkan komputer terlalu lama.

Jangan Dimatikan Fitur Bios Buat Mengontrol Temperatur Prosesor
Secara acak, BIOS umumnya sudah diatur oleh komputer jadi mati kalau suhu prosesornya sampai lebih dari 70 derajat celsius.

Hati–Hati Jika Tambah Hardware
Kalau anda ingin ganti ukuran memory RAM atau ingin tambah hardware yang lainnya, anda harus memikirkan apakah itu nantinya mempengaruhi kinerja pada komputer. Kalau anda tidak mengetahui, anda bisa menanyakan kepada orang-orang yang betul-betul ahli buat mengantisipasi agar prosesor tidak menjadi cepat rusak.

Seperti itulah cara agar prosesor komputer tidak cepat rusak, semoga bermanfaat. Baca juga Tips dan Cara merawat komputer agar tidak cepat rusak, awet, dan tahan lama.

No comments:

Post a Comment