Wednesday, 28 October 2015

Cara Merawat Komputer Agar Awet Tahan Lama

Cara Merawat Komputer Dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Komputer   
 

Supaya komputer tidak cepat rusak dan awet cobalah tips berikut ini:


1. Defraglah Harddisk dengan Teratur
Fungsi dari defrag itu untuk merapihkan dan menyusun files harddisk yang bersumber dari tipe data atau file sehingga memudahkan proses write dan read sampai juga beban kerja menjadi ringan dan akhirnya dapat membuat harddisk menjadi awet. Cara mendefrag harddisk, klik menu Start, kemudian klik Program, kemudian klik Accesories, kemudian klik System Tool, kemudian klik Disk Defragmenter. Disaat mengaktifkan fungsi defrag ini jangan ada pemograman yang lain yang berjalan salah satunya screensaver, karena nanti akan membuat kacau fungsi dari defrag ini.

2. Aktifkan Screensaver
Selain membuat terlihat indah, screensaver juga punya fungsi yang bagus. Monitor tabung dan tv memakai fosfor untuk bisa memunculkan gambar. Jika monitor menghadirkan gambar yang sama pada waktu yang lama maka muncul fosfor yang menyala secara terus-menerus. Kejadian ini bisa mengakibatkan monitor anda menjadi rusak, seperti gambar akan jadi redup atau gambar menjadi kurang jelas. Tapi kalau anda menggunakan monitor LED atau LCD yang sudah ada fitur energy savingnya, screensaver tidak perlu anda aktifkan. Berikut caranya mengaktifkan fitur screensaver dikomputer, klik Start, kemudian klik Control Panel, kemudian klik Display, kemudian klik tab screensaver, setelah itu pilih scrensaver yang anda sukai.

3. Ruang Udara Yang Cukup
Jangan menempatkan monitor dan casing di ventilasi yang tidak bagus hal ini membuat panas yang berlebih, bagian elektronik yang ada di dalam komputernya jadi cepat panas, kalau dibiarkan bisa mempercepat hardware menjadi rusak. Maka dari itu jika komputer ditempatkan dekat dengan tembok minimal ambil jarak 30 cm. Bila perlu nyalakan kipas angin untuk membuang panas yang dihasilkan dari komputer yang dinyalakan tersebut.

4. Gunakanlah Stavolt atau UPS
Pakai UPS untuk jaga-jaga kalau listrik tiba-tiba mati karena kalau listrik tiba-tiba mati sedangkan komputer masih nyala hal ini membuat komputer jadi rusak. Kalau tidak ada UPS, pakai saja Stavolt, buat jaga-jaga turun naiknya tegangan listrik.

5. Matikan aplikasi yang tidak anda gunakan
Aplikasi yang anda jalankan memakan sebagian memori RAM, jadi makin banyak aplikasi yang anda jalankan maka makin banyak memori yang dimakan. Jadi jika tidak mematikan aplikasi yang tidak anda gunakan membuat komputer anda menjadi lambat dan beban kerja jadi berat. Dan hal ini bisa membuat umur komputer anda menjadi berkurang.

6. Pasang aplikasi Antivirus jangan lupa update secara rutin
Untuk bisa kenal dengan virus yang baru saran saya perbarui selalu aplikasi antivirus komputer anda. Virus kalau sudah menyebar di komputer anda, bisa membuat anda harus menginstall ulang Komputer. Jadi kalau tidak mau keluar uang banyak dan juga membuat harddisk komputer anda cepat rusak gara-gara harus install ulang komputer melulu, sering-seringlah update aplikasi Antivirus. Baca juga cara mengetes antivirus yang anda gunakan apakah bagus atau tidak

7. Hapus Semua Sampah di Recycle Bin
Asal tau saja file atau folder yang anda hapus itu belum sepenuhnya terhapus alias file itu masih tersimpan di Recycle Bin. Recycle bin ini dibuat agar kalau anda masih membutuhkan file yang sudah dihapus tersebut, dapat dikembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah menumpuk akan membuat kapasitas harddisk berkurang dan pembacaan harddisk menjadi lambat. Cara menghapus Ricycle Bin jalankan fungsi Disk Cleanup, Klik Start, kemudiam klik Program, kemudian klik Accessories, kemudian klik System Tool, kemudian klik Disk Cleanup, terus pilih drive yang ingin dibersihkan, kemudian cecklist opsi Recycle Bin, setelah itu klik OK. Selesai.

8. Speaker aktif
Jangan dekat-dekat sama monitor, karna medan magnet yang ditimbulkan dari speaker aktif itu membuat warna monitor jadi kurang rata (belang-belang).

9. Copot aplikasi yang tidak anda gunakan
Kapasitas harddisk yang terlalu penuh membuat lambat proses write dan read harddisk komputer anda, jadinya beban kerja harddisknya jadi lebih berat dan hal ini membuat harddisk komputer anda cepat rusak.

10. Bersihkan motherboard dan hardware lainnya dari debu secara teratur
Paling tidak enam bulan sekali dan kerajinan ini harus anda lakukan jika anda ingin memiliki umur komputer yang panjang. Buka chasingnya, terus bersihkan mobo dan hardware lainnya (Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, Video Card, RAM dan lainnya) gunakanlah sikat yang halus. Sewaktu komputer anda tidak digunakan, tutup komputernya (CPU, keyboard, mouse, dan monitor) dengan pelindung sehingga tidak ada debu yang masuk kedalam komputer anda.

Tips serta cara merawat komputer di atas terlihat cukup sulit serta merepotkan tapi apabila anda kerjakan bisa mempengaruhi kinerja komputer anda. Dengan cara merawat komputer yang baik serta berkala, diharapkan kinerja komputer anda selalu bisa maksimal dan awet tahan lama.
Sekian artikel cara merawat komputer ini tiniposkomputer buat, semoga anda rajin untuk melakukannya.


No comments:

Post a Comment