Tuesday, 10 November 2015

Cara Memperbaiki Komputer Yang Mati Sendiri


Komputer tiba-tiba mati sendiri - Ada dua penyebab kenapa komputer tiba-tiba mati sendiri, pertama jikalau komputer itu mati sendiri tapi sebelumnya ada tanda peringatan, itu artinya kita masih bisa untuk mengetahui sumber masalahnya apa. Tapi kalau komputer itu pada saat kita gunakan tidak ada peringatan apa-apa berikut dibawah ini

Cara mengatasi dan mengetahui penyebab komputer mati sendiri secara tiba-tiba.

komputer mati tiba-tiba

Penyebab dan Solusi Komputer Mati Sendiri :

1. Virus komputer
2. Komputer terlalu panas
3. Masalah pada OS (operating system) seperti windows
4. Ketidak cocokkan pada hardware
5. Masalah kerusakan dari hardware

Virus Komputer

Mungkin komputer terinfeksi oleh virus yang bisa membuat komputer anda mati sendiri, ciri-cirin dari virus tersebut adalah hanya beraksi pada sebuah atau beberapa buah aplikasi atau software, contoh jika anda membuka sebuah aplikasi misalnya microsoft word, komputer langsung mati sendiri sedang kalau membuka aplikasi yang lain komputer anda tidak mati. Jika terjadi seperti halnya contoh diatas maka aplikasi tersebut bisa dikatakan telah terinfeksi oleh virus, jika memang seperti itu lakukanlah scane pada aplikasi tersebut dengan menggunakan Antivirus. Kemudian 'sehatkan' kembali aplikasi tersebut dengan cara klik » cara mengatasi software yang terinfeksi oleh virus menyebalkan.

Komputer Terlalu Panas

Komputer bisa mematikan dirinya sendiri tanpa ada peringatan terlebih dahulu apabila telah melebihi panas yang maksimal (terutama prosesor). Komputer yang dibuat pada jaman sekarang diatur supaya bisa mematikan sendiri secara otomatis jika prosesor, harddisk atau hardware yang lainnya terlalu panas. Kalau anda mendengar ada suara mendenging tinggi itu artinya ada kegagalan di komputer anda.

Masalah Pada Operating System

Kalau bukan karena virus atau karena komputer terlalu panas mungkin masalahnya ada pada sistem operasi komputer anda yang sulit untuk dijelaskan. Agar memastikan apakah benar matinya komputer secara tiba-tiba karena ada masalah di sistem operasi, coba ikuti langkah-langkah berikut ini.
Buka komputer di CMOS setup, kemudian biarkan komputer beberapa saat. Jika komputer anda tidak mati dalam beberapa saat, itu artinya dia bisa bertahan berjalan pada BIOS maka kemungkinan penyebabnya adalah ada pada Microsoft Windows.

Ketidakcocokkan Pada Hardware

Jika anda baru mengganti salah satu hardware lama dengan yang baru, kemudian komputer mati secara tiba-tiba, bisa dipastikan itu terjadi sebabnya karena hardware yang baru tersebut, untuk lebih memastikannya copot hardware tersebut kemudian nyalakan komputer anda dengan menggunakan hardware yang lama jika komputer tidak mati itu artinya hardware baru anda bermasalah / tidak cocok. Pelajari cara memilih hardware yang cocok agar tidak terjadi penyesalan pada saat sesudah membeli.

 

Masalah Kerusakan Dari Hardware

Ini dia bagian yang paling deg-degan jika anda memutuskan untuk install ulang sistem operasi anda, kemudian setelah anda selesai dari install ulang sistem operasi atau pada saat sedang proses install ulang sistem operasi anda, komputer masih tetap mati sendiri secara tiba-tiba, itu artinya kemungkinan ada hardware yang rusak, mungkin dari ram, prosesor, motherboard atau dari power supply. Kalau anda punya cadangan hardware lain yang cocok dengan komponen lainnya, coba pakai cadangan hardware yang cocok tersebut. Pinjam sama teman, tetangga, atau saudara yang punya, kemudian temukan hardware mana yang bermasalah. Caranya sama seperti sebelumnya yang sudah disebutkan di atas. Kalau sudah ketemu mana hardware yang bermasalah, selanjutnya yang anda harus lakukan adalah beli yang baru, atau diperbaiki jika masih bisa.

Sekian cara memperbaiki komputer yang mati sendiri. Sangat disarankan anda untuk membaca tips dan cara merawat komputer agar awet tahan lama, semoga artikel yang ada di blog ini selalu bermanfaat.

No comments:

Post a Comment