Tuesday 27 October 2015

Mengenal Komponen Komputer

Mengenal Komponen Komputer


Kali ini tiniposkomputer ingin memperkenalkan nama-nama komponen, rangkaian, atau arsitektur komputer. Komponen komputer itu dibagi jadi tiga bagian yaitu :

* Yang pertama ialah Piranti Masukan {Input Device}. Alat-alat yang dipakai untuk memasukan suatu perintah ke komputer, seperti mouse dan keyboard.
* Yang kedua adalah Piranti Pengolahan {Processing Device}. Alat-alat yang mengerjakan penyusunan data hingga menjadi sebuah informasi. Piranti ini umum disebut sebagai CPU {Central Processing Unit} atau Prosesor.
* Dan yang ketiga adalah Piranti Keluaran {Output Device}. Alat-alat yang dipakai buat menampakkan informasi yang dihasilkan dari pengolahan komputer, contohnya speaker, monitor, dan printer.

Mengenal Komponen Komputer

Dibawah ini saya jelaskan sedikit apa saja tentang kegunaan dari sebagian komponen atau hardware komputer utama yang biasanya dipakai oleh banyak orang :

mengenal komponen komputer


Keyboard, Keyboard adalah sebuah tempat untuk memasukan { mengetik } data, atau memberikan sebuah perintah.

mengenal arsitektur komputer


Mouse, Mouse adalah sebuah alat penggerak penunjuk layar yang tugasnya untuk memberikan sebuah perintah.

mengenal rangkaian komputer


Monitor, Monitor fungsinya untuk memunculkan informasi yang bisa dilihat.

gambar printer


Printer, gunanya untuk membuat cetakan informasi atau data ke dalam selembaran kertas.

gambar prosesor


Prosesor, bagian penting di mengenal komponen komputer ialah prosesor karena prosesor adalah 'otaknya' komputer, dialah pengolah data sekaligus pengatur kerja perangkat keras komputer lainnya.

gambar motherboard


Motherboard, Motherboard ini adalah boleh dibilang 'tulangnya' mesin komputer, dia adalah tempat prosesor dan komponen lainnya yang harus disatukan dengan motherboard ini.

gambar harddisk

Harddisk, Harddisk adalah 'memorinya' komputer dia adalah tempat buat menyimpan berbagai macam program dan data.

gambar ram

Memori { RAM }, RAM adalah tempat penyimpan data sementara. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu memori yang dipakai secara random oleh prosesor untuk menjalankan beberapa program.

gambar vga

Kartu VGA, VGA { Video Graphics Array } adalah hardware komputer yang gunanya sangat penting untuk menghadirkan kualitas gambar atau tampilan di monitor.

gambar psu

Power Supply atau PSU adalah alat yang menghantarkan tegangan listrik ke Motherboard dan ke komponen-komponen lainnya. Sumber tegangan listrik AC yang dari PLN dirubah terlebih dahulu sebelum dialirkan ke hardware komputer menjadi tegangan bernama DC oleh Hardware yang satu ini.

Mengenal Komponen Komputer

Ada bagian rangkaian komputer utama dan ada juga bagian rangkaian komputer pendukungnya, berikut dibawah ini adalah bagian rangkaian komputer pendukungnya :

Sound Card, hardware yang kegunaannya untuk mengolah data hingga jadi suara yang akan dikeluarkan oleh speaker.

DVD/CD Drive adalah alat buat menyimpan dan membaca informasi atau data ke dalam DVD/CD ini.

Kartu LAN, komponen tambahan yang bisa menghubungkan antara komputer dengan komputer lainnya. Lan Card ini tidak selalu ada dalam komputer, dan akan digunakan kalau dibutuhkan saja. Kepanjangan LAN adalah Local Area Network.

Modem, alat wajib kalau komputer mau terhubung ke dunia internet, Modem juga bisa buat kirim-kirim data lewat jaringan telepon.

Stabilizer, Menyeimbangkan arus listrik. Jadi arus yang masuk ke dalam PSU komputer kita tidak akan naik turun yang bisa membuat hardware komputer jadi cepat rusak.

Dan yang terakhir adalah UPS, UPS itu alat buat menunda komputer mati secara tiba-tiba dikarenakan listrik dimatikan oleh PLN. Jika komputer dimatikan tanpa langkah-langkah yang benar maka akan membuat komputer tersebut menjadi rusak.

Bagaimana, apa sekarang anda sudah mengenal komponen komputer setelah membaca artikel ini? Itulah nama-nama komponen komputer yang sedang anda ingin ketahui, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment