Thursday 19 November 2015

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Cara mematikan komputer atau laptop secara otomatis menggunakan waktu - Ada dua cara untuk mematikan komputer secara otomatis, pertama dengan task scheduler, kedua dengan melakukan perintah yang akan dieksekusi oleh WScript. Tiniposkomputer akan memberitahukan kedua cara tersebut dengan lengkap.

Shutdown komputer secara otomatis ini bisa anda manfaatkan untuk bermain game agar komputer mati secara otomatis dengan waktu yang sudah anda tetapkan sebelumnya atau bekerja pada malam hari, kelelahan setelah siang anda bekerja mengharuskan anda untuk beristirahat tapi ada sebuah progress yang belum selesai di komputer, anda bisa meninggalkan progress tersebut dan komputer akan shutdown secara otomatis saat progress tersebut sudah selesai. Bagaiamanakah cara melakukannya? Ini dia langkah demi langkah agar komputer mati sendiri :

1. Buka Task Sceduler di Control Panel kemudian pilih Administrative Template lalu cari yang namanya Task Sceduler, setelah ketemu jalankan. Atau langsung saja tuliskan di kotak search Task Scheduler.

2. Sesudah Task Scheduler terbuka, pilih Create Basic Task di tab Actions lihat di sebelah kanan.

3. Isi nama Task sesuka anda, Isi juga kalau perlu deskripsi untuk mengingatkan anda, jika sudah ada banyak task yang anda buat. Click Next.

4. Dibagian Task Trigger, pilih Daily, lalu click Next. Kemudian tentukan waktu yang akan anda gunakan untuk mematikan komputer secara otomatis. Setelah ditentukan, click Next.

5. Dibagian Actions, pilih Start a Program, kemudian Next.

6. Dobagian kotak script/dialog isi dengan program Shutdown dwngan cara menavigasikan Task Scheduler ke program Shutdown atau bisa juga dengan mengetikkan path-nya yaitu C:\Windows
\System32\shutdown.exe
Dibagian Add Arguments isi /s untuk memerintahkan shutdown, setelah itu click Next.

7. Dibagian ini kita diberitahu tentang task yang sudah kita buat yaitu waktu eksekusi dilakukan. Pastikan semua pengaturan sudah sesuai dengan keinginan anda, jika sudah click Finish. Selesai.

Pengaturan yang disebutkan diatas itu akan dilaksanakan setiap hari oleh program shutdown.exe. Untuk menghapus task yang sudah anda buat click task yang ingin anda hapus dan pilih icon delete untuk mengahapusnya.

Kemudian cara mematikan komputer secara otomatis dengan menggunakan perintah WScript ada beberapa metode yang bisa digunakan antara lain dengan mengetik sebuah perintah ke kotak Run dan membuat file dengan menggunakan Command Prompt.

1. Cara mematikan dengan membuka kotak Run, pijit dan tahan tombol logo Windows kemudan pijit tombol R (Windows+R).

2. Tuliskan shutdown -f -s -t 3600 lalu pijit tombol enter.
Penjelasan : Shutdown adalah perintah untuk mematikan komputer. -f adalah sebuah perintah untuk memaksa sebuah program yang sedang aktif untuk ditutup tanpa konfirmasi kepada pengguna. -t 3600 adalah waktu dalam hitungan detik, ini artinya shutdown akan dilakukan setelah 3600 detik atau 1 jam kemudian. Angka maksimal yang bisa dipakai adalah 315.360.000 detik. Dan cara mematikan komputer secara otomatis dengan membuka kotak Run ini anda bisa ulangi kembali setelah komputer dinyalakan, caranya buka kotak Run itu lagi kemudian tentukan atau buat baru lagi mau berapa detik komputer akan dimatikan secara otomatis.

Nah itu dia cara mematikan komputer secara otomastis, karena kita sudah beri batas waktu dengan menggunakan cara yang kedua itu, kita tidak akan lupa waktu lagi gara-gara terlalu asyik di depan komputer. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya :
Cara Memblokir Situs di Komputer
Trik Cara Mengambil Gambar Layar Monitor Komputer
Langkah-langkah Mengecilkan Ukuran File Memakai Winrar
Cara Mengecelkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya
Trik Ngetes Antivirus Yang Bagus Itu Bagaimana
Cara Masuk Windows 7 Yang Lupa Passwordnya

No comments:

Post a Comment