Thursday 19 November 2015

Penyebab Kenapa Buka Website Error

Buka website error? ini dia penjelasannya kenapa buka website mendapat pesan error - Bagi anda yang terbiasa berseluncur ke dunia internet pasti pernah mengalami error pada saat sebuah website ingin dibuka, pesan error yang biasanya ditemui adalah Error 500, Error 403 Forbiden, internal server error, atau Error 404 Not Found, padahal sebelum-sebelumnya website tersebut mudah dibuka, tidak ada pesan errornya sama sekali. Apa penyebabnya bisa begitu?

Ada banyak faktor yang membuat website tidak bisa dibuka bahkan website kita sendiri, berikut adalah penyebab website error tidak bisa dibuka :

1. Komputer pengguna memblokir website bersangkutan. Kalau anda membuka website bersangkutan itu dari komputer lain bisa, berarti mungkin komputer yang tidak bisa mengakses website bersangkutan tersebut memblokir situs yang tidak bisa dibuka itu.

2. Nama domain dan hosting. dari website yang kita buka sudah kadaluarsa atau expired atau sedang dalam masa perbaikan layanan. Kalau domain sudah kadaluarsa alias masa aktif sudah habis, pihak penyedia domain bersangkutan akan memblokir sementara, akibatnya website yang sudah habis masa aktifnya tersebut tidak bisa diakses. Dan juga untuk memperpanjang masa aktif website tersebut biasanya membutuhkan waktu selama 1 sampai 3 hari tergantung dari peraturan dari penyedian hosting berbayar itu.

3. Pengaturan DNS dan nameserver dari sebuah nama domain website yang error tersebut terjadi kesalahan. Ini biasa terjadi pada saat perpanjangan domain atau sedang pidah layanan ke penyedia domain lain. Jika pemilik website sedang berpindah ke layanan penyedian nama domain yang lain, sementara pengaturan DNS dan nameserver masih menggunakan pengaturan penyedia yang lama. Website tersebut tidak bisa diakses selama masa perubahan tersebut.

4. Jaringan terblokir oleh firewall. Kejadian seperti ini bisa terjadi karena dari kedua belah pihak dimana dari sebuah webserver dan pengguna komputer itu sendiri yang mengaktifkan firewall untuk saling memblokir demi keamanan. Contoh pengguna yang login salah sampai berulang kali, hingga webserver menganggap itu adalah sebuah usaha untuk melakukan pencurian akun.

5. File index ada masalah. File index adalah yang punya tanggung jawab besar terhadap halaman muka depan dari sebuah website. File index berisi kumpulan script agar menampilkan halaman muka sebagai titik awal bernavigasi didalam sebuah website. Jika file ini diletakkan salah tempat, maka webserver tidak bisa membacanya, dan jika file index ini dikosongkan maka halaman yang tampil juga kosong.

6. Koneksi internet tidak mendukung. Jika jaringan dari internet tidak mendukung , maka tidak ada yang bisa dilakukan. Gagalnya jaringan internet bisa terjadi karena dari pihak server maupun pihak pengguna komputer yaitu kita. Kalau ini terjadi pengguna dan server tidak bisa bertemu atau melakukan akses.

Semoga wawasan tentang kenapa website dibuka muncul error ini bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel lainnya, siapa tau ada yang berguna. Seperti yang satu ini cara memblokir website tertentu misal facebook agar tidak bisa dibuka dikomputer kita.

No comments:

Post a Comment