Saturday 28 November 2015

Cara Membersihkan Komputer

Cara Membersihkan Komputer Agar Awet - Pada saat kita membersihkan komponen komputer, kita harus sangat berhati–hati, hal dikarenakan bisa membuat kinerja komputer menjadi menurun, atau bisa juga malah merusak bagian komponen komputer itu sendiri.
Pertama-tama sebelum kita membersihkan komputer, siapkanlah alat-alat berikut ini :

Obeng
Kain yang kering
Penghapus Pensil
Kuas
Vacum Cleaner kecil / Blower

Cara Membersihkan Komputer


Casing
Bukalah casing dengan menggunakan obeng.
Bersihkanlah semua debu-debu yang ada di seluruh bagian motherboard.
Bersihkanlah mulai dari bagian kipas atau ventilasi udara tempat keluar masuknya debu.

Power Supply
Yang anda harus lakukan pada saat menjaga agar Power Supply tetap awet adalah perhatikan kelancaran dari putaran kipas Power Supply. Kalau perlu tambahkan saja alat Stabilizer tegangan hal ini akan mengurangi rasa panas yang keluar dari Power Supply.

Harddisk
Yang harus anda lakukan pada saat menjaga Harddisk agar awet adalah perlu ditambahkannya kipas pendingin hal ini supaya mengurangi rasa panas di Harddisk pada saat digunakan. Atur juga kabel-kabel dalam casing jangan menghalangi lubang udara supaya sirkulasi udara yang keluar lancar.

VGA
Lakukan ini buat mengurangi rasa panas di VGA, perhatikan Heatsink atau kipasnya. Cara membersihkan kipas atau Heatsink ini gunakanlah kuas kecil. Bersihkan sampai semua debu menghilang.

Random Access Memory
Kalau RAM atau Random Access Memory anda suka anda lepas dan selalu disentuh dengan tangan hal ini dapat membuat terjadinya korosi atau karatan, dan bisa juga RAM itu rusak gara-gara listrik statistic. Cara supaya RAM tidak karatan karena sering disentuh oleh tangan adalah gunakan karet penghapus pensil gosok secara hati-hati pada kaki-kaki RAM (yang warnanya emas-emas itu lho). Dan juga yang harus hati-hati adalah pada saat pemasangan RAM kedalam slot yang ada di motherbiard, pastikan RAM itu terpasang dengan benar. Karena kalau tidak terpasang dengan benar RAM tidak akan terdeteksi oleh komputer, dan juga hal tersebut bisa membuat kerusakan pada RAM.

Mobo
Mobo biasa singkatan dari Motherboard adalah tempat semua hardware komputer terpasang. Fungsi dari motherboard adalah untuk menghubungkan antar hardware. Cara membersihkan morherboard atau mobo adalah gunakan blower atau kuas. Debu yang menyarang pada motherboard jika dibiarkan akan membuat komputer menjadi cepat panas. Hal yang harus anda perhatikan untuk mobo adalah jaga suhu dari motherboard yaitu dengan cara lancarkan sirkulasi udara casing. Kabel-kabel yang ada didalam casing ikat saja dengan pengikat kabel hal ini supaya sirkulasi udara jadi lancar. Untuk membersihkan motherboard dari debu bersihkan saja dengan memakai kuas atau penyedot debu mini.

Prosesor
Prosesor adalah otaknya komputer, kecerdasan komputer sumber utamanya dari prosesor. Pendingin prosesor terdiri dari Kipas dan Heatsink. Yang anda harus lakukan pada saat membersihkan Prosesor adalah perhatikan posisi letak kipas hingga udara yang dihasilkan berputar dengan baik. Harus memilih kipas prosesor dengan perputaran yang tinggi (minimal 5399 rpm). Dan harus pilih juga heat sink yang bahan penghantar panasnya baik, misalnya tembaga atau aluminium.

Itu dia cara merawat komputer agar awet digunakan, semoga komputer bisa awet karena perawatan dari tutorial artikel ini. Untuk perawatan monitor bacanya disini cara membersihkan monitor, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment