Wednesday 11 November 2015

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya - Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk melakukan dan mengendalikan manajemen perangkat keras atau hardware serta mengoperasikan sistem dasar termasuk menjalankan aplikasi atau software. Contohnya adalah seperti menjalankan pemutar video, program pengolahan kata dan lain sebagainya. Dalam bahasa inggris Sistem Operasi disebut Operating System yang biasanya disingkat menjadi OS.

Peran Dari Sistem Operasi

Operating System (OS) adalah perangkat lunak yang posisinya paling utama dan yang paling awal pertama kali dimasukkan kedalam memori komputer (harddisk) pada saat komputer dinyalakan. Setelah software Operating System ini berjalan maka software lainnya baru bisa berjalan. Untuk menjalakan inti umum pada berbagai perangkat lunak / program tersebut hanya sistem operasilah yang bisa melakukannya. Karena telah dilayani oleh Operating System maka software tidak perlu melakukan pekerjaan inti umum. Layanan inti umum ini memberikan akses ke disk, manajemen memori, menjalankan beberapa program yang secara bersamaan, antar muka user.

Fungsi Sistem Operasi

Kalau anda sudah paham dengan pengertian sistem operasi maka yang akan dibahas selanjutnya adalah tentang fungsi atau kegunaan dari sistem operasi. Pada umumnya fungsi sistem operasi adalah menjalankan perintah-perintah penting di dalam komputer dan juga sebagai penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software.

Fungsi lainnya dari sistem operasi adalah untuk menjamin aplikasi atau program-program memakai memori, mempunyai akses ke sistem file, bisa melakukan output atau input pada peralatan yang lain, menjamin aplikasi atau software yang ada di komputer bisa bebas dari gangguan dan bisa berjalan dengan cara lancar.

Contoh Sistem Operasi

pengertian sistem operasi berikut dengan contohnya


Setelah mengetahui fungsi lain dari sistem operasi, berikut dibawah ini adalah contoh sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Contoh sistem operasi antara lain sebagai berikut :

Windows
Tidak perlu jauh-jauh di negara kita sendiri yaitu Indonesia, pengguna sistem operasi ini lebih banyak jika dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Windows Operating System adalah sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Sistem ini dahulu masih berjenis MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) yaitu masih dalam jenis Command-Line Interpreter yang artinya sistem operasi hanya menggunakan teks saja. Tapi sekarang Windows sudah menggunakan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antar muka grafis / bergambar.

Linux
Sistem Operasi ini berbasis pada standart sistem operasi POSIX atau merupakan keturunan dari UNIX.

Machinthosh
Sebuah sistem operasi yang dibuat khusus untuk komputer Machintosh saja. Oprasi sistem ini di kembangkan oleh Apple. Karena OS ini dirancang secara khusus jadi sistem operasi ini tidak cocok atau kompatibel dengan komputer yang berbasis IBM. Sistem ini adalah operasi sistem yang pertama kali yang menggunakan GUI (Graphical User Interface).

Android
Operating system Android adalah operating system yang populer pada saat ini. Sistem operasi android ini yang paling banyak digunakan pada masyarakat sekarang. Android dirancang untuk aplikasi mobile atau ponsel, yang pada dasarnya adalah sistem operasi Linux yang sudah dikembangkan.

Itu dia pengertian sistem operasi dan contohnya yang kita sering temui di kehidupan sehari-hari. Semoga artikel yang tiniposkomputer bagikan bermanfaat. Baca juga keunggulan dan kekurang dari masing-masing sistem operasi.

No comments:

Post a Comment