Tuesday 17 November 2015

Pengertian Modem, Sejarah, Jenis, Serta Fungsinya

pengertian modem jenis serta fungsi dan sejarahnya
Apa pengertian dari modem? Sebutkan jenis-jenis modem serta fungsi dari modem - Modulator Demodulator adalah singkatan dari Modem yaitu berfungsi untuk mengubah sinyal dari modulasi ke sinyal pembawa atau mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga dengan berubah menjadi sinyal tersebut menjadi siap untuk dikirimkan atau di transfer, itulah modulator. Sedangkan Demodulator adalah berfungsi untuk memecah sinyal info yang didapat berupa pesan atau data yang asalnya dari sinyal pembawa, dengan kata lain mengembalikan sinyal analog dari sinyal digital hingga sinyal tersebut bisa diterima dengan baik.

Sederhananya modem itu merubah sinyal digital ke sinyal analog ataupun sebaliknya. Kemudian apa pengertian dari modem? Modem adalah suatu alat yang fungsinya untuk menghubungkan komputer ke internet. Dengan menggunakan modem kita bisa mengakses internet dengan menggunakan penyedia jasa telekomunikasi seperti, telepon, line kabel, atau lainnya. Tidak memakai modem, komputer tidak bisa terhubung ke internet.

Sejarah Modem

Pada saat mempelajari pengertian modem, ada baiknya kita juga harus tau sejarah dan asal usul penemuan dari modem. Di tahun 1977 Modem ditemukan oleh Dennis C Hayes. Pada waktu itu Modem hanya dipakai untuk untuk PC atau Komputer, namun Modem kini telah berkembang sampai saat ini. Pada awal penemuan Modem, Modem sangat dibutuhkan untuk mengirimkan data melalui sambungan dari kabel telepon. Dan di tahun 1943 dibuatlah Modem pertama oleh IBM. Modem buatan IBM adalah Modem pertama yang mampu mentransfer data dengan kecepatan 25 bits per detik.

Fungsi Modem

Tidak lengkap rasanya jika pengertian modem dan sejarah modem saja dituliskan disini, tiniposkomputer ingin memberikan informasi juga berupa fungsi dari modem itu sendiri. Berikut adalah fungsi dari modem :

1. Mengkoreksi Error
Modem mempunyai kemampuan untuk mendeteksi adanya error. Maksudnya disini adalah modem bisa mengetahui adanya data yang diterima, apakah error atau tidak. Pada saat modem mendeteksi adanya error, modem pada umumnya akan membagi data tersebut kedalam paket atau biasa disebut frame.

2. Flow Control
Pada tiap modem kemampuan dalam mengirimkan kecepatan sinyal berbeda. Fungsi flow control dalam modem adalah agar bisa menyesuaikan kecepatan data baik itu menerima ataupun mengirimkannya, hal tersebut supaya tidak terjadi kelebihan kapasitas.

3. Mengecilkan Data
Fungsi modem juga bisa mengecilkan data. Pengecilan yang dilakukan dalam mengecilkan data di lakukan dalam satuan bit dengan cara bersamaan. Modem akan memisahkan bit secara bersama kemudian akan mengecilkannya.

Jenis-Jenis Modem

Kita sudah mengetahui tentang pengertian modem, sejarah dan fungsi-fungsinya, selanjutnya yang harus kita ketahui adalah tentang jenis-jenis modem. Berdasarkan koneksinya, modem terbagi menjadi 5 jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Modem Analog
Informasi atau data yang diterima oleh modem analog adalah dalam bentuk sinyal analog. Lewat jaringan transmisi, data yang ada dalam bentuk sinyal analog tersebut kemudian diubah menjadi data digital untuk dikirim ke dalam komputer.

2. Modem Kabel
Modem Kabel adalah perangkat keras yang biasanya menggunakan media kabel sebagai perantaranya, contohnya : jaringan telepon dan TV kabel. Jaringan TV kabel bisa kita gunakan untuk terhubung ke internet sampai kecepatan maksimum yaitu 27 Mbps untuk download, dan upload berkecepatan sampai 2,5 Mbps.

3. Modem DSL
DSL singkatan dari Digital Subscriber Line. DSL merupakan modem yang biasa di pakai untuk menghubungkan komputer ke internet. Modem ini dibuat untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu modem ini di yakini mempunyai kecepatan lebih cepat bilang dibanding dengan koneksi dial up internet.

4. Modem CDMA
Modem yang dengan menggunakan teknologi CDMA dan hanya menggunakan jaringan CDMA ini mempunyai kecepatan dengan frekuensi tinggi yaitu 799-1899 hz. Code Division Multiple Access adalah kepanjangan dari CDMA.

5. Modem GSM
Biasa digunakan oleh kebanyakan orang pada saat ini. Modem GSM adalah modem yang mengirimkan data dengan menggunakan ponsel seluler. Koneksi modem GSM umumnya bisa digunakan dengan provider apapun selama provider tersebut berjenis GSM.

Nah itu dia pengertian dari modem, jenis, serta fungsi-fungsinya dan juga sejarah singkat dari modem itu sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat. Baca juga artikel lainnya di blog ini, siapa tau ada yang berguna.

No comments:

Post a Comment