Monday 2 November 2015

Dampak Positif dan Negatif Internet Secara Umum

Dampak Positif dan Negatif Internet


IPTEK singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. IPTEK ada karena dampak dari globalisasi masa kini. Ciri-ciri IPTEK ditandai dengan adanya teknologi yang semakin canggih seperti saat sekarang ini yang mempermudahkan kita dalam berkomunikasi. Dengan mudahnya kita berkomunikasi mau dimanapun dan kapanpun bisa kita lakukan selama ada alat yang mendukungnya. Hal itu karena sudah ditemukannya yang namanya handphone atau telepon genggam, handphone ini selain berfungsi untuk berkomunikasi dengan cara telepon juga bisa mengirimkan pesan berupa teks atau yang biasa disebut sms.

Seluruh manusia yang hidup dibumi ini hampir memiliki yang namanya handphone. Bahkan bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak pun sudah kenal dengan yang namanya handphone. Seharusnya anak-anak tidak dianjutkan untuk memiliki handphone karena dapat menyebabkan mereka tidak mengenal dunia luar karena terlalu asyik dengan benda tersebut. Hal ini juga tidak baik untuk psikis maupun fisik mereka.

Selain telepon genggam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi lainnya adalah internet. Internet adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung, jadi tidak heran kalau internet menjangkau ke seluruh dunia. Internet mempunyai dampak positif dan dampak negatif di dalam kehidupan masyarakat kita. Sebetulnya dampak dari internet itu ada dari dalam diri kita, jika kita memakai internet untuk mencarai pengetahuan atau informasi, internet itu akan berdampak positif untuk diri kita. Tapi jika internet itu kita gunakan untuk mencari hal-hal yang tidak baik seperti video kekerasan, maka internet itu akan membuat negatif bagi diri kita.

Internet juga bisa membuat seseorang menjadi berubah contohnya tadinya dia adalah seseorang yang pendiam karena sering menggunakan internet untuk melihat aksi video-video kekerasan maka dia akan memiliki rasa penasaran untuk mencoba melakukannya, sampai-sampai dia menjadi kebiasaan seperti yang ada pada adegan dari video tersebut. Yaitu pada saat dia di dunia nyata meskipun dia pendiam tapi pada saat ada hal yang membuatnya tidak suka maka dengan menggunakan emosinya dia akan menghilangkan sesuatu yang tidak dia sukai tersebut dengan meniru video-video yang dia tonton dari internet itu. Oleh karenanya agar kita tidak terpengaruh dari dampak negatif internet kita harus menggunakan internet dengan positif agar supaya kita tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif.

Dampak IPTEK bisa memberikan banyak manfaat dan keburukan didalam kehidupan masyarakat, tergantung dari orang itu sendiri dalam menggunakan segala sesuatunya yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dampak Positif dan Negatif Internet Secara Umum


Berikut adalah contoh lain dari dampak positif internet bagi masyarakat :

• Mendapat teman baru secara luas karena internet jangkauannya seluruh dunia.
• Mempertemukan orang-orang yang punya minat yang sama dengan mudah hanya dengan bergabung di forum-forum, grup atau komunitas contohnya forum komputer yang membahas segala hal tentang komputer.
• Dapat informasi tentang berita terkini, berita luar negeri, berita apa saja dengan lebih cepat dan lengkap. Situs-situs berita online ada banyak di dunia internet anda bisa membaca kumpulan situs berita online terpopuler di indonesia.
• Cara berfikir masyarakat menjadi maju dan berkembang karena kita bisa bertukar pendapat dan pikiran dengan jutaan pengguna di dunia internet.
• Mendengarkan ceramah agama bisa juga dilakukan dari internet.

 

Dampak Negatif Internet Bagi Masyarakat :

• Lunturnya kebudayaan lama seperti bersosial dengan cara bertatap muka secara langsung. Yang jauh terasa dekat, yang dekat jadi terasa jauh.
• Kejahatan lama dengan cara baru, seperti penipuan lewat jual barang di internet. Baca ini agar anda tidak tertipu kalau beli barang lewat dunia internet.
• Bagi para pelajar, jadi bolos sekolah pada saat jam mata pelajaran atau jadi malas belajar untuk bermain game online di warnet secara terus-menerus.


dampak positif dan negatif internet


Itu saja yang bisa tiniposkomputer sampaikan, semoga artikel dampak positif dan negatif internet secara umum ini ada manfaatnya. Jangan lupa sebelum pergi dari blog ini, lihat-lihat dahulu artikel lainnya, siapa tau ada yang lebih bermanfaat. Terimakasih sudah mau membaca.

No comments:

Post a Comment