Saturday 21 November 2015

Tips Membeli Laptop Bekas

Tips serta cara memilih laptop bekas yang masih bagus - Kalau anda ingin membeli laptop second atau bekas, kenali terlebih dahulu barang yang akan anda bawa pulang tersebut. Beli laptop baru dengan laptop yang bekas tidaklah sama, kita harus teliti dan cermat bila memilih barang yang bekas, hal ini dilakukan supaya anda tidak ditipu atau menyesal dikemudian hari. Dan juga barang yang ada jumlahnya terbatas hingga tidak ada banyak pilihan. Oleh karena itu untuk memilih laptop bekas pada umumnya dilihat dari spesifikasi dan harganya. Kalau kita mencari spesifikasi tertentu akan cukup sulit karena barang yang ada jumlahnya terbatas, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Bisa anda coba lihat terlebih dahulu sebelum anda menetapkan laptop bekas itu akan anda bawa pulang kerumah dengan cara melihat ulasannya berikut dibawah ini.

Tips Memilih Laptop Bekas atau Second




Lihat Spesifikasinya
Kalau anda tidak bisa melihat spesifikasi dasar dari laptop tersebut anda bisa menanyakannya kepada pihak penjual. Kalau anda tidak mengerti tentang spesifikasi laptop, minimal anda lihat tahun pembuatannya kapan. Dengan kita melihat tahun pembuatannya kapan, kita bisa tau barang itu masih baru atau sudah sangat lama. Kalau tahun pembuatannya sudah sangat lama (diatas lima tahun) sebaiknya jangan dibeli karena takutnya aplikasi atau software yang akan anda gunakan tidak bisa dijalankan pada laptop ketinggalan jaman tersebut.

Perhatikan Segelnya
Pada umumnya segel terletah di bagian bawah menutupi baut atau diantara dua bagian yang dapat dilepas seperti penutup bawah. Kalau segel dilepas atau tidak ada atau ditimpa dengan segel baru, itu artinya laptop tersebut pernah di perbaiki atau ada sparepart yang diganti. Ini artinya barang sudah tidak original atau mungkin barang 'servisan'.

Lihat Kondisi Fisik Barang
Semakin mulus kondisi barang menandakan barang jarang dipakai dan ini artinya mempengaruhi harga. Lihat bagian sudut tepi paling luar hal ini untuk memastikan tidak ada bagian yang retak. Cek juga bagian engsel yang tersambung antara keyboard dan layar laptop. Cek juga layar monitor apakah ada warna yang mati dan juga cek keyboard apakah semua tombol berfungsi dengan baik, jangan sampai juga keyboard macet pas dipijit.

Cek Ketahanan Baterai
Kalau ingin tau ketahanan dari sebuah baterai laptop ada aplikasi atau software khusus yang bisa tau apakah baterai tersebut kondisinya masih baik atau tidak, tapi... kita tidak akan sempat kecuali penjualnya orangnya sabar dan kalau beruntung laptop yang ingin dibeli tersebut sudah terinstall oleh aplikasi yang dimaksudkan. Caranya adalah nyalakan sebuah video, kalau baterai terlihat cepat habis karena menyalakan video ini menandakan baterai sudah kurang bagus, baterai yang sudak tidak bagus memutar video tak akan bisa bertahan selama 30 menit.

Jajal Laptopnya
Penjual yang tidak baik, tidak mengizinkan pembelinya untuk mencoba (kalau anda diperlakukan seperti itu, cari penjual yang lain). Jajal laptop bisa dimulai dengan melihat seberapa cepat laptop tersebut booting (membuka windows). Selanjutnya anda bisa coba aplikasi-aplikasi yang berat seperti game 3d, memutar video atau coba semua aplikasi yang ada didalam laptop tersebut. Perhatikan juga kejernihan dari layar dan suara cooooooooooooooooooooooooretkentut yang dikeluarkan dari perangkat audionya. Jika semua lancar berarti laptop masih bagus.

Tanya Garansinya
Penting untuk menanyakan garansi, biasanya garansi antara satu minggu sampai satu bulan. Hal ini untuk berjaga-jaga kalau terjadi apa-apa terhadap laptop bekas yang anda beli. Tentu saja karena yang namanya barang bekas tidak ada jaminan kualitasnya. Dan pastikan juga pihak penjual bertanggung jawab terhadap garansi yang dia berikan, buatlah perjanjian klaim garansi jika terjadi hal yang tidak kita inginkan selama masa garansi masih ada.

Laptop second atau bekas umumnya dicari oleh mereka yang tau spesifikasi dari laptop itu sendiri. Semoga anda yang tidak paham tentang cara memilih laptop bekas atau second mendapat sedikit gambaran tentang bagaimana ciri-ciri dari laptop bekas yang masih bagus. Baca juga kekurangan dan kelebihan antara laptop dengan desktoo, manakah yang lebih bagus?
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment